Daftar Isi:
  • Kepuasan pengunjung suatu hal yang mutlak di sector pariwisata yang bergerak di bidang jasa, pengunjung yang merasa tidak puas akan menyebabkan customer exit dan dalam jangka panjang menjadi sesuatu yang sangat potensial dapat menurunkan jumlah kunjungan wisatawan ke tempat tujuan wisata. Sebaliknya wisatawan yang merasa puas selama melakukan perjalanan wisata dapat mempengaruhi keinginan pengunjung untuk kembali lagi di waktu yang akan datang bahkan merekomendasikan kembali kepada orang lain untuk berkunjung kembali ke tempat tersebut. Hasil pengolahan dari ini juga dapat digunakan perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran. Tujuan penelitian ini melihat 1) Seberapa besar pengaruh daya tarik wisata terhadap kepuasan konsumen. 2)Seberapa besar pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen. 3) Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. 4) Seberapa besar pengaruh kepuasan konsumen terhadap minat kunjung ulang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik sampling probability sampling dengan menggunakan simple random sampling karena seluruh populasi memiliki kesempatan/peluang yang sama untuk menjadi sampel. Jumlah sampel yang diperlukan dalam penelitian ini berjumlah 103 responden. Hipotesis atau pertanyaan penelitian dalam penelitian dianalisis dan diuji dengan menggunakan teknik analisis multivariate SEM (Structural Equation Modeling). Dalam penelitian ini terlihat bahwa daya tarik wisata berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung, kepuasan pengunjung berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang di Ciwidey Valley Resort.