Daftar Isi:
  • Influencer marketing telah menjadi fenomena sejak beberapa tahun terakhir, dan keberadaan influencer marketing dianggap sebagai strategi pemasaran yang ampuh dan jumlahnya terus meningkat. Influencer adalah orang-orang yang dapat memiliki jumlah follower yang banyak dalam platform media sosial tertentu dan mereka dianggap sebagai pemimpin opini yang dipercaya oleh komunitasnya. Pertumbuhan jumlah influencer marketing yang terus meningkat, menjadi hal yang menarik bagi peneliti untuk menganalisis perilaku konsumen terutama di kalangan milenial dan generasi Z terhadap pesan yang disampaikan oleh influencer melalui media sosia Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh generasi milenial dan generasi Z dalam memilih influencer marketing (food blogger) pada media sosial Instagram, yang memengaruhi perilaku konsumen makanan dan minuman pada generasi Y dan generasi Z di kota Bandung. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik focus group discussion pada generasi Y dan generasi Z di kota Bandung.