Daftar Isi:
  • Penjualan merupakan salah satu aktivitas penting bagi perusahaan yang dapat menjadi penentu kelangsungan perusahaan. Hal inilah yang menyebabkan penjualan memerlukan suatu pengendalian agar terciptanya penjualan yang efektif dan efisien. Perusahaan membutuhkan controller yang beperan dalam hal pengendalian penjualan, yang diharapkan memberikan solusi bagi permasalahan serta masukan dalam hal pengambilan keputusan yang selaras dengan tujuan perusahaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peranan controller dalam pengendalian penjualan guna menunjang efektivitas perusahaan pada PT Telkom Maluku. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Telkom Maluku. Instrumen dalam pengambilan data dari responden menggunakan kuesioner dan melakukan wawancara. Hasil penelitian ini adalah controller sangat berperan dalam pengendalian penjualan guna menunjang efektivitas penjualan pada PT Telkom Maluku.