Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak Dengan Koneksi Politik Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat Di Bei Tahun 2016-2018)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility dan leverage terhadap agresivitas pajak dengan koneksi politik sebagai variabel moderasi. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang ditetapkan dan sampel yang didapat sebanyak 19 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan analisis regresi moderasi dengan menggunakan program SPSS 25. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa secara parsial corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Leverage berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Secara simultan corporate social responsibility dan leverage berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak yang dimoderasi oleh koneksi politik pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018 yaitu sebesar 7,4% sedangkan sisanya 92,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.