Daftar Isi:
  • Masalah parkir biasanya terjadi di pusat-pusat kota besar dimana ketersediaan lebih kecil dari kebutuhan. Untuk mengetahui berapa besar kebutuhan fasilitas parkir maka harus diketahui permasalahannya. Perencanaan, operasional, manajemen dan pengawasan sebuah tempat parkir secara profesional akan dapat memberikan informasi yang lebih akurat mengenai tempat parkir tersebut. Kebutuhan terhadap data spesifik dapat dilakukan dengan penelitian secara langsung di lapangan. Dalam Tugas Akhir ini area parkir yang ditinjau adalah Dago Plaza yang terletak di Jl. Ir. H. Juanda 61-63. Maksud dan tujuan penelitian Tugas Akhir ini adalah mengevaluasi karakteristik parkir, tipe parkir dan sistem sirkulasi. Selama penelitian, pencatatan dilakukan pada pintu masuk dan keluar. Dari hasil penelitian, akumulasi maksimum Rabu, 1 Desember 2004 = 19 kend, IP = 14,29%, TO = 0,38 kend/r.parkir/jam, OR = 38,55%, waktu rata-rata parkir = 36,77 menit, periode sibuk pada pintu masuk terjadi pada pukul 10.45-11.00 = 7 kend dan pintu keluar pada pukul 10.15-10.30 = 4 kend, sirkulasi lancar; Sabtu, 4 Desember 2004 = 101 kend, IP = 75,94%, TO = 1,95 kend/r.parkir/jam, OR = 195,49%, waktu rata-rata parkir = 94,93 menit, periode sibuk pada pintu masuk terjadi pada pukul 19.45-20.00 = 20 kend dan pintu keluar pada pukul 20.45-21.00 = 12 kend, sirkulasi tidak lancar sehingga perlu dianalisis; Minggu, 5 Desember 2004 = 59 kend, IP = 44,36%, TO = 0,94 kend/r.parkir/jam, OR = 93,80%, waktu rata-rata parkir = 96,84 menit, periode sibuk pada pintu masuk terjadi pada pukul 10.00-10.15 = 12 kend dan pintu keluar pada pukul 11.30-11.45 = 17 kend, sirkulasi lancar. Tipe parkir yang digunakan yaitu sudut parkir 08 dan sudut parkir 908 terhadap sisi jalan sudah tepat karena dengan tipe parkir yang digunakan telah memanfaatkan secara maksimal lahan yang ada.