Daftar Isi:
  • Sekarang persaingan usaha semakin ketat, setiap perusahaan bersaing menunjukkan kelebihan dan keunggulan potensial yang ditawarkan kepada konsumen. Perusahaan juga berusaha memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan daripada pelayanan yang diberikan pesaing. Perusahaan bertopang pada kualitas layanan yang dijadikan sebagai ujung tombak untuk mempengaruhi kepuasan konsumen. Brand image suatu perusahaan maupun produk pun mempengaruhi kepuasan konsumen. Brand image atau citra merek merupakan kesan konsumen dan bagaimana konsumen memandang perusahaan maupun produk tersebut. Atas dasar uraian di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan subjek penelitiannya yaitu konsumen Favehotel Hyper Square Bandung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen Favehotel Hyper Square Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan data-data yang diperlukan sebanyak 100 responden. Untuk membuktikan kualitas pelayanan dan brand image berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, maka dalam penelitian ini digunakan perhitungan statistic dengan perhitungan regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Dari hasil tabulasi dan perhitungan yang telah dilakukan melalui program SPSS V25 maka diperoleh hasil pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 22,28%, hasil pengaruh citra merek terhadap kepuasan konsumen sebesar 10,43%, dan hasil pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen secara simultan sebesar 23,2%. Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan secara simultan, kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.