Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pengguna Customer Service Provider Telkomsel Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha yang merupakan PenggunaCustomer Service Provider Telkomsel. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 150 Responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder,teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, Customer Relationship Management yang meliputi teknologi, orang, proses, pengetahuan dan wawasan berpengaruh simultan terhadap loyalitas pelanggan provider Telkomsel. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji statistik nilai sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi penelitian yang ditetapkan yaitu 0,05. Customer Relationship Management yang terdiri dari teknologi, orang, proses, pengetahuan dan wawasan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada provider Telkomsel sebesar 47,6%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 52,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.