Daftar Isi:
  • Online shop, adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual barang atau jasa melalui website atau toko maya. E-trust juga didefinisikan sebagai kemauan untuk menerima, dari konsumen kepada kerentanan yang ada pada transaksi-transaksi online, dimana konsumen ataupun calon pembeli mempunyai ekspetasi positif mengenai tindakan yang akan datang. Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Sejak diluncurkan, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis. Terdapat hubungan nyata antara e-trust dan minat beli, pelanggan menunjukan niat untuk berbelanja online di masa depan yang lebih tinggi saat konsumen memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dalam website tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memngetahui pengaruh E-trust terhadap minat beli online shop Tokopedia. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan skala Likert. Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, pengaruh dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena social. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan mengumpulkan data melalui kuesioner. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan E-Trust berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Minat Beli. Hendaknya para marketer onlineshop lebih mengkaji alat pemasaran mereka yaitu website mereka sebagai muka dari pelayanan perusahaan online shop.