Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Kristen Maranatha
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone pada mahasiswa Ekonomi Universitas Kristen Maranatha dan mengetahui perbedaan perilaku pembelian konsumen pada citra merek dan persepsi konsumen. Jenis penelitian ini adalah Causal Explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha yang menggunakan smartphone iPhone. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 140 mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Kristen Marantha yang menggunakan smartphone iPhone. Hasil penelitian menunjukkan koefisien determinasi yaitu nilai R Square sebesar 0,179. Hal ini berarti bahwa Citra Merek berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian smartphone iPhone sebesar 17,9%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 82,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil penelitian ini telah dibuktikan bahwa brand image atau citra merek pada produk smartphone iPhone dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen khususnya bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas sampel penelitian agar hasil penelitian yang diperoleh bisa memberikan gambaran yang lebih umum tentang dampak pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada produk iPhone.