Daftar Isi:
  • Grab merupakan perusahaan penyedia layanan transportasi online di Indonesia. Namun sebelum Grab diluncurkan sudah ada perusahaan lain dengan menyediakan layanan yang sama dengan Grab, maka Grab harus bersaing dengan berbagai strategi yang salah satunya adalah menggunakan strategi Word of Mouth. Word of mouth atau komunikasi dari mulut ke mulut tanpa adanya campur tangan dari perusahaan dapat menjadi Word of Mouth yang negatif bahkan dapat terhenti. Terkait dengan hal itu, perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh word of mouth terhadap keputusan konsumen dalam memilih Grab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 60 responden pada kalangan mahasiswa Universitas Kristen Maranatha pengguna Grab Bike. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan IBM SPSS 19.0. berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa hasil dari koefisien determinasi didapat adjusted R square bernilai 0.187 yang berarti word of mouth mempengaruhi keputusan pembelian pada Grab Bike sebesar 18,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Perusahaan disarankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga menghasilkan word of mouth yang lebih baik sehingga akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.