Kontribusi Dukungan Sosial Dari Orang Tua Terhadap School Engagement Pada Siswa Smp “X” Bandung
Daftar Isi:
- Siswa diharapkan dapat terlibat dengan sekolahnya, baik dalam kegiatan akademik maupun kegiatan non akademik yang terlihat melalui, tingkah laku, emosi, dan kognitif. Dukungan sosial orang tua merupakan salah satu faktor dalam mendorong siswa menunjukan keterlibatan disekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dukungan sosial orang tua terhadap school engagement pada siswa SMP “X” Bandung. Kuesioner school engagement disusun oleh Jane Savitri dkk berdasarkan teori school engagement oleh Frederick (2004) yang terdiri dari 29 item dengan reliabilitas sebesar r=0,783. Sedangkan kuesioner dukungan sosial orang tua disusun oleh peneliti berdasarkan teori dukungan sosial oleh Sarafino (2011) yang terdiri dari 30 item dengan reliabilitas kisaran r=0,732-0,773. Teknik pengolahan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji analisis regresi berganda. Berdasarkan pengolahan data pada 273 siswa, ditemukan bahwa dukungan orang tua yang berkontribusi secara signifikan terhadap school engagement adalah dukungan informatif dan dukungan emosional. Sementara bentuk dukungan instrumental dan persahabatan tidak berkontribusi secara signifikan. Simpulan yang diperoleh adalah terdapat kontribusi yang signifikan dari bentuk dukungan informatif dan dukungan emosional terhadap school engagement siswa. Peneliti mengajukan saran kepada kepala sekolah dan orang tua agar dapat memfokuskan bentuk dukungan yang signifikan. Selain itu, peneliti yang melakukan penelitian lebih lanjut diharapkan meneliti perbedaan jenis kelamin dan faktor yang memengaruhi school engagement.