Studi Komparasi Self-Disclosure Siswa Sma “X” Kelas X Kota Malang Yang Merantau Dan Tidak Merantau
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan gambaran dimensi selfdisclosure pada siswa yang merantau dan yang tidak merantau di SMA “X” kelas X kota Malang. Responden dari penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA “X” yang merantau dan yang tidak merantau yang masuk pada tahap perkembangan remaja madya. Pengukuran yang digunakan menggunakan alat ukur yang dibuat oleh Wheeless & Grotz (1976) dan dimodifikasi oleh peneliti. Alat ukur ini terdiri dari 21 item menggunakan rumus spearman dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan dara yang dilakukan secara statistic, tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan dimensi self-disclosure antara siswa yang merantau dan yang tidak merantau. hal ini dapat dilihat dari nilai Asymp. Sig. padasetiap dimensinya. Positive-negative valance (Asymp. Sig. = 0,737), depth (Asymp. Sig. =0,247), amount (Asymp. Sig. =0,580), intentionally (Asymp. Sig. =0,952), dan honesty-accuracy (Asymp. Sig. =0,565). Dari hasil tabulasi silang antara personality dengan dimensi, terdapat kecenderungan keterkaitan pada dimensi depth, amount, dan honesty-accuracy Simpulan yang diperoleh adalah tidak adanya perbedaan yang signifikan antara siswa yang merantau dan yang tidak merantau kelas X SMA “X” kota Malang di setiap dimensinya. Namun terdapat kecenderungan keterkaitan antara personality dengan beberapa dimensi self-disclosure. Peneliti mengajukan saran kepada peneliti lain yang ingin meneliti lebih lanjut mengenai self-disclosure untuk memfokuskan pada kecenderungan keterkaitan antara personality dengan dimensi depth, amount, dan honesty-accuracy. Peneliti menyarankan kepada para siswa untuk meningkatkan self-disclosure di lingkungan tempat ia tinggal.