Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Provider Simpati Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Kristen Maranatha
Daftar Isi:
- Dewasa ini persaingan produk GSM semakin ketat, dikarenakan tawaran produk GSM yang sangat bervariatif dan kompetitif dengan teknologi yang sama. Sebanyak 6 operator tercatat sebagai pemain aktif di Indonesia. Namun, pangsa pasar industri telekomunikasi seluler tahun 2012 hanya didominasi oleh 3 pemain besar yaitu Telkomsel, Indosat, dan XL. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, serta keduanya secara simultan terhadap keputusan pembelian provider Simpati pada Mahasiswa Manajemen Universitas Kristen Maranatha. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa/i Manajemen Universitas Kristen Maranatha. Penelitian ini melibatkan 291 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil uji f (uji simultan) yang telah diperoleh bahwa penelitian ini menunjukkan nilai sig sebesar .000 < 0.05 artinya kualitas produk dan harga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan meneliti variabel lain yang dapat memengaruhi keputusan pembelian misalnya citra merek dan promosi.