Analisis Pengaruh Entrepreneurial Leadership Terhadap Product Innovation Pada Umkm Berskala Mikro Di Bandung
Daftar Isi:
- Jumlah wirausaha termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diyakini dapat berperan sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Namun, UMKM seringkali kalah bersaing dengan usaha yang lebih besar, sehingga UMKM harus dapat bersaing melalui inovasi dan entrepreneurial leadership. Selain itu, inovasi saat ini merupakan karakter yang menonjol pada bidang kewirausahaan dan tidak dapat diabaikan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh entrepreneurial leadership terhadap product innovation pada usaha berskala mikro. Landasan teori yang digunakan adalah teori entrepreneurial leadership dan product innovation. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik sampling adalah purposive sampling. Metode pengujian keabsahan data menggunakan pearson correlation, serta jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian yang didapatkan adalah entrepreneurial leadership berpengaruh positif signifikan terhadap product innovation pada usaha berskala mikro. Hal ini berarti, semakin tinggi dimensi-dimensi yang terdapat pada variabel entrepreneurial leadership, seperti kemampuan seseorang untuk memotivasi, visioner, proaktif, inovatif, berani mengambil resiko, berorientasi pada pencapaian, dan juga gigih, maka akan semakin tinggi pula kemampuan seorang pelaku UMKM dalam melakukan inovasi produk.