Hubungan Antara Dukungan Sosial Dari Orangtua Dan Orientasi Masa Depan Bidang Pendidikan Pada Remaja SMA Dan SMK Di Kampung “X” Kabupaten Bandung Barat
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Hubungan Antara Dukungan Sosial Dari Orangtua dan Orientasi Masa Depan Bidang Pendidikan pada Remaja SMA dan SMK di Kampung X Kabupaten Bandung Barat, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial yang diberikan orangtua dan orientasi masa depan bidang pendidikan yang dimiliki oleh remaja SMA dan SMK di Kabupaten Bandung Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 remaja yang menempuh pendidikan SMA atau SMK di Kampung X Kabupaten Bandung Barat. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur variabel dukungan sosial adalah kuesioner yang terdiri dari 40 aitem yang terbagi ke dalam 24 aitem positif dan 16 aitem negatif, dirancang oleh peneliti berdasarkan pada teori Sarafino (2011). Alat ukur ini menjaring keempat jenis dukungan sosial yaitu, dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan penghargaan, dan dukungan informasi. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur variabel orientasi masa depan bidang pendidikan adalah kuesioner yang terdiri dari 32 aitem yang terbagi ke dalam 17 aitem positif dan 15 aitem negatif. Alat ukur ini dirancang oleh peneliti berdasarkan teori Nurmi (1989) yang mengukur ketiga proses pembentukan orientasi masa depan yaitu, motivasi, perencanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara jenis dukungan sosial dan orientasi masa depan bidang pendidikan. Selanjutnya, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara orientasi masa depan bidang pendidikan dengan data sosiodemografis yaitu, jenis kelamin. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik meneliti variabel yang serupa disarankan untuk melihat dukungan sosial dari pihak lain selain orangtua.