The Analysis Of Gender Representation In English Textbook Entitled “Aim High Student’s 1”
Daftar Isi:
- Kesetaraan gender masih menjadi salah satu masalah dalam kehidupan kita saat ini. Sehubungan dengan adanya kesetaraan gender dalam pendidikan bahasa Inggris, beberapa penelitian sebelumnya menemukan adanya ketidaksetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam buku teks di Indonesia. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah fenomena seperti ini masih ada dalam buku teks bahasa Inggris yang berjudul Aim High, Student’s Book 1 yang digunakan di Sekolah Menengah Pertama X di Bandung, Indonesia. Dalam menganalisis data ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini, ditemukan bahwa masih ada ketidaksetaraan gender dalam bidang olahraga atau hobi dan pekerjaan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membuat guru bahasa Inggris menyadari ketidaksetaraan gender dalam buku teks bahasa Inggris dan juga lebih aktif untuk menyeimbangkan representasi gender dalam mengajar. Dengan demikian guru dapat mendukung kesetaraan gender.