Kontribusi Trait Big Five Personality Terhadap Self-Disclosure Pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial Di Universitas “X” Kota Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi Big Five Personality terhadap SelfDisclosure pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial di Universitas “X” Kota Bandung. Terdapat 260 responden yang merupakan mahasiswa aktif Universitas “X” dan juga menggunakan media sosial secara aktif. Alat ukur Big Five Personality yang digunakan dalam penelitian ini merupakan adaptasi oleh Edwina (2013) dari Big Five Inventory dan alat ukur Self-Disclosure merupakan modifikasi peneliti dari alat ukur yang dibuat oleh Weiwei dan Peiyi (2010). Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas didapatkan hasil yaitu validitas dari alat ukur Big Five Personality berkisar antara 0,380 – 0,772. Reliabilitasnya berkisar antara 0,531 – 0,782. Validitas dari alat ukur Self-Disclosure berkisar antara 0,332 – 0,608 dan reliabilitasnya adalah 0,630. Data tersebut diolah menggunakan SPSS 22. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil kontribusi trait Extraversion (E) sebesar 0,036 dan Openness (O) sebesar 0,066 yang berarti trait tersebut memiliki kontribusi yang signifikan terhadap Self-Disclosure. Trait Conscientiousness (C), Agreeableness (A), dan Neuroticism (N) tidak memiliki kontribusi yang signifikan terhadap Self-Disclosure. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan melihat variabel lain yang dapat berkontribusi terhadap Self-Disclosure dan juga pada subjek yang berbeda. Selain itu, dengan mempublikasikan jurnal penelitian ini diharapkan agar mahasiswa mengetahui adanya pengaruh kepribadian terhadap Self-Disclosure pada penggunaan media sosial sehingga mereka dapat mengontrol apa yang dibagikan di media sosial yang mereka miliki.