Studi Deskriptif Mengenai School Engagement Pada Siswa Kelas 7 Di SMPN 26 Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran mengenai school engagement pada siswa kelas 7 SMPN 26 di kota Bandung dan keterkaitannya faktor-faktor yang berpengaruh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantatif, bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena yang terjadi berkaitan dengan school engagement di SMPN 26 Bandung dan melakukan analisis terhadap fenomena tersebut. Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 126 siswa yang dipilih berdasarkan teknik simple random sampling. Teknik pemeriksaan validitas dan reliabilitas dengan menggunakan rumus alpa cronbach. Penyajian data dilakukan dengan menggunakan tabel frekuensi dari hasil penelitian dan menggunakan tabel sebagai kesimpulannya. Berdasarkan hasil pengolahan data statistik diperoleh data bahwa SMPN 26 Bandung memiliki school engagement yang tinggi (96,83%), Behavioral Engagement (96,83%), Emotional Engagement (92.85%), Cognitive Engagement (93.65%). Peneliti memberikan saran kepada Sekolah SMPN 26 Bandung untuk dapat mempertahankan tingkat school engagement para siswa di sekolah. Selain itu, perlu dilakukan peneltian lebih lanjut mengenai school engagement pada siswa dan siswi di sekolah.