Hubungan Antara Jenis Dukungan Sosial Orangtua Dengan Kemandirian Pada Siswa Kelas Xii Di Sma “X” Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Jenis Dukungan Sosial Orangtua dengan Kemandirian pada Siswa Kelas XII di SMA “X” Bandung. Responden penelitian ialah siswa kelas XII di SMA “X” Bandung dengan jumlah 57 siswa (17-18 tahun) yang tinggal bersama orangtua. Desain penelitian ini adalah desain korelasional. Alat ukur jenis dukungan sosial adalah kuesioner terdiri dari 26 item yang dirancang peneliti berdasarkan teori Sarafino (2011). Hasil validitas dari jenis dukungan sosial didapatkan 20 item valid yang berkisar di antara 0,489 - 0,799 dengan reliabilitas sebesar 0,787 (emotional support), 0,785 (tangible support), 0,771 (informational support), dan 0,793 (companionship support). Alat ukur yang digunakan untuk mengukur variabel kemandirian adalah kuesioner terdiri dari 26 item, yang dirancang oleh peneliti berdasarkan teori Steinberg (2002). Peneliti menjaring dua aspek dari tiga aspek kemandirian berdasarkan teori kemandirian dari Steinberg (2002). Uji validitas dari kuesioner kemandirian didapatkan 19 item valid dengan r total di antara 0,305 - 0,724 dan reliabilitas sebesar 0,737. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara emotional support dengan kemandirian (0,526) yang berarti berkorelasi sedang, korelasi yang sedang antara tangible support dengan kemandirian (0,529) dan korelasi yang rendah antara companionship support dengan kemandirian (0,325), tidak terdapat hubungan yang signifikan antara informational support dengan kemandirian (0,179) memiliki korelasi yang sangat rendah. Saran untuk peneliti selanjutnya, untuk melihat besarnya pengaruh tangible support dan emotional support terhadap kemandirian siswa, serta saran untuk orangtua untuk dapat memberikan dukungan sosial kepada anaknya.