Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Studi Deskriptif Mengenai Calling Pada Guru Di Sekolah “X” Bandung yang dilakukan untuk mengetahui gambaran Calling pada guru di Sekolah “X” Bandung. Responden penelitian ini adalah 98 orang guru di Sekolah “X” Bandung (Seluruh populasi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Alat ukur yang digunakan adalah Calling and Vocation Questionnaire (CVQ). Semua aitem telah divalidasi oleh peneliti, validitas aitem berkisar antara 0,31 hingga 0,81. Reliabilitas CVQ aitem presence of calling adalah 0,87 dan aitem in search of calling adalah 0,88. Calling memiliki dimensi yaitu presence of calling dan in search of calling. Berdasarkan hasil pengolahan data dari 98 guru di Sekolah “X” Bandung, diperoleh sebanyak 60,2% guru mengalami presence of calling, 19,4% guru mengalami in search of calling, dan 20,4% guru tidak mengalami calling sebagai guru. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah lebih banyak guru di Sekolah “X” Bandung yang mengalami presence of calling. Peneliti mengajukan saran agar Kepala Sekolah dan guru di Sekolah “X” Bandung melakukan diskusi dan refleksi diri agar dapat menemukan atau mempertajam calling yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan kinerjanya.