Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh kecemasan akademik terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi yang mengontrak ulang P3 dan P2S di Universitas “X” Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teori kecemasan akademik (Ottens, 1991) dan teori prokrastinasi akademik (Ferrari, Johnson & McCown, 1995: 4). Terdapat 76 mahasiswa yang berparpartisipasi dalam penelitian ini, responden dalam penelitian ini memiliki karakteristik sebagai mahasiswa aktif Fakultas Psikologi di Universitas “X” Kota Bandung dan pada saat ini sedang mengontrak ulang P3 atau P2S. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa kuesioner yang dibuat oleh peneliti. Berdasarkan hasil validitas terdapat 21 aitem dengan kisaran r=0,323-0,614 mengenai kecemasan akademik dan 22 aitem mengenai prokrastinasi akademik dengan kisaran r=0,304-0,773. Dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear sederhana untuk melihat gambaran pengaruh dari kecemasan akademik terhadap perilaku prokrastinasi akademik. Berdasarkan pengolahan data secara statistik, kecemasan akademik berpengaruh secara signifikan terhadap prokrastinasi akademik (p < 0.001). Kesimpulan yang diperoleh adalah kecemasan akademik berpengaruh secara signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Saran untuk peneliti selanjutnya, diharapkan untuk meneliti lebih lanjut mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku prokrastinasi akademik.