Peran Dimensi Pola Asuh Terhadap Self-Esteem Siswa Kelas 10 di SMA "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dimensi pola asuh terhadap self-esteem siswa kelas 10 di SMA “X” Bandung. Terdapat 164 siswa yang terlibat dalam penelitian ini. Alat ukur self-esteem merupakan hasil konstrak alat ukur yang dibuat oleh peneliti berdasarkan teori Nathaniel Branden (1993) yang terdiri dari 39 item dengan validitas 0,300-0,615 dan reliabilitas sebesar 0,726. Alat ukur pola asuh merupakan hasil modifikasi dari Astri (2012) yang terdiri dari 21 item dengan validitas berkisar 0.362-0.833 dan reliabilitas sebesar 0,707. Hasil pengaruh dimensi pola asuh terhadap self-esteem dilihat dengan uji regresi berganda menggunakan SPSS 23.0. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh koefisien signifikansi p=0,000 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari pola asuh terhadap self-esteem. Hasil r square sebesar 0,474 yang menunjukkan terdapat pengaruh dimensi pola asuh terhadap self-esteem. Peneliti melakukan uji regresi berganda dan ditemukan bahwa dimensi kontrol berpengaruh sebesar 0,399 terhadap self-esteem dengan arah negatif dan dimensi afeksi berpengaruh sebesar 0,720 terhadap self-esteem. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh masing-masing tipe pola asuh terhadap self-esteem pada jenjang kelas 10 sampai kelas 12. Bagi pihak SMA “X” Bandung, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber informasi untuk melakukan konseling terhadap siswa kelas 10. Selain itu, bagi orangtua siswa disarankan untuk menerapkan kontrol yang lebih sedikit dan menerapkan afeksi atau responsivitas terhadap kebutuhan emosi dan kebutuhan fisik siswa.