Perancangan Kampanye Meningkatkan Self-Esteem Terhadap Remaja di Kota Bandung
Daftar Isi:
- Pada masa remaja, seseorang berusaha untuk mencari tahu bagaimana penilaian orangorang tentang dirinya. Penilaian-penilaian dari orang di sekitar remaja tentang dirinya dapat mempengaruhi remaja. Di lingkungan masyarakat maupun sekolah, remaja memiliki beberapa masalah yang harus dihadapinya. Masalah yang dihadapi salah satunya adalah kurangnya rasa percaya diri dan menghargai diri pada siswa dikarenakan masih adanya rasa malu maupun rasa takut karena berbeda dalam berhubungan sosial dengan teman lainnya. Remaja dalam berhubungan sosial dengan orang lain memerlukan rasa percaya diri. Penilaian yang diperoleh remaja dari orang sekitar mengenai potensi dirinya akan diinternalisasikan dalam diri sehingga akan mempengaruhi penilaian dirinya sendiri atau disebut juga sebagai self-esteem. Self esteem rendah pada remaja memberikan faktor negatif yang akan berdampak pada perkembangan hidupnya di kemudian hari. Maka dari itu diperlukan kampanye untuk menginformasikan dan membantu remaja mengatasi masalah kurangnya penghargaan diri. Studi kasus yang digunakan dalam perancangan ini adalah remaja di kota Bandung, diutamakan berstatus sebagai pelajar berusia 12-18 tahun. Diharapkan dengan adanya proyek Tugas Akhir ini akan membantu remaja untuk mengetahui dirinya dan dapat menghargai dirinya.Metode yang digunakan yaitu kampanye dengan konsep strategi AISAS melalui media sosial sesuai dengan media yang sering digunakan remaja untuk mendapatkan informasi. Media cetak berupa poster dan buku agenda daily planner yang berisi informasi, ilustrasi dan lembar pekerjaan yang dapat membantu penilaian terhadap diri sendiri. Media pendukung berupa workshop.