Perancangan Media Promosi Online Produk Kerajinan Eceng Gondok Javatarum
Daftar Isi:
- Provinsi Jawa Barat mempunyai banyak sungai, salah satu sungai terbesar dan terpanjang adalah Sungai Citarum. Tetapi, sungai ini terkenal mengalami tingkat pencemaran sungai yang cukup besar. Sungai Citarum memiliki beberapa waduk, salah satunya Waduk Saguling yang kondisinya memprihatinkan sampai dijuluki tangki septik raksasa. Selain itu, tingginya tingkat sedimentasi tanah di Sungai Citarum telah menyebabkan PLTA Saguling terancam pendek usia. Adanya gulma eceng gondok yang banyak mempercepat proses sedimentasi di Waduk Saguling. Selain itu, permasalahan ekonomi pada masyarakat sekitar Waduk Saguling masih memprihatinkan. Berdasarkan kedua permasalahan tersebut, kerajinan eceng gondok Javatarum diproduksi guna membantu mengurangi gulma eceng gondok dan permasalahan ekonomi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, tujuan perancangan promosi ini untuk memperkenalkan produk kerajinan eceng gondok Javatarum agar diminati masyarakat terutama target audience. Perancangan promosi ini dibuat secara online karena pendekatan terhadap target audience yang lebih sering menggunakan media online. Manfaat dari perancangan media promosi ini, produk kerajinan eceng gondok Javatarum yang telah lebih dikenal dan diminati dapat turut membantu permasalahan yang ada dengan teknik fotografi, layout dan tipografi yang disesuaikan melalui pendekatan target audience. Perancangan media promosi seperti website, instagram, event yang turut merancang booth event, kartu nama, seragam dan katalog, serta gimmick dan packaging. Melalui perancangan media promosi online, target audience yaitu laki-laki dan perempuan berusia 16-25 tahun dapat mengenal produk kerajinan Javatarum, tertarik dan membeli dan secara tidak langsung dapat membantu permasalahan yang terdapat pada Waduk Saguling.