Daftar Isi:
  • Indonesia memiliki keberagaman dan potensi budaya yang begitu beragam, salah satunya adalah Batik. Hampir di setiap daerah di indonesia memiliki batik dengan keindahan dan keunikannya tersendiri, namun masih banyak batik yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia seperti Batik Batang yang berasal dari Jawa tengah. Batik Batang belum banyak di kenal, dan keberadaannya terancam jika tidak ada pelestarian. Batik ini memiliki warna dan keindahan motif yang dipengaruhi 2 gaya visual yang berbeda yaitu pedalaman dan pesisiran. Tujuan perancangan ini adalah untuk mendokumentasikan dan memunculkan minat masyarakat, khususnya wanita – wanita di Indonesia yang berusia 30 – 45 tahun yang menyukai kebudayaan lokal untuk lebih mengenal tentang Batik Batang melalui media informasi yang tepat dan menarik. Metode yang digunakan adalah wawancara, kusioner, observasi, didukung dengan pencarian data dengan studi pustaka secara online dan non online. Media utama perancangan ini yaitu Buku yang berisi Fotografi motif batik dan ilustrasi. Media penunjang untuk promosi berupa X-banner, Backdrop, Feeds promosi di Instagram Gramedia, Gimmick berupa postcard dan pembatas buku. Melalui perancangan buku dokumentasi sebagai pelestarian Batik Batang ini dan manfaatnya dalam pengenalan untuk melestarikan Batik Batang sebagai ikon budaya yang dimiliki Indonesia.