ctrlnum 26736
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Perancangan Board Game Untuk Mengajarkan Mitigasi Bencana Alam pada Anak Usia 7-12 Tahun&#xD; </title><creator>Wongso, Christina (1464079)</creator><subject>N Visual arts (General) For photography, see TR</subject><description>Indonesia dikenal sebagai negara yang rawan akan bencana alam karena letaknya yang&#xD; dilalui oleh tiga jalur lempeng tektonik, yang disebut Ring of Fire. BNPB mencatat ada&#xD; sekitar 2.175 peristiwa bencana yang terjadi di Indonesia. Bencana alam tersebut kerap&#xD; memakan korban, tidak hanya orang dewasa tapi juga termasuk anak-anak.&#xD; Oleh karena itu, tujuan perancangan ini adalah untuk menanamkan pendidikan antisipasi&#xD; bencana kepada anak-anak sejak dini sebagai langkah awal untuk mempersiapkan&#xD; masyarakat yang tanggap terhadap bencana, serta untuk mengurangi resiko korban jiwa&#xD; terhadap bencana.&#xD; Media utama yang digunakan adalah board game edukasi tentang menyelamatkan diri dari&#xD; bencana alam, dengan menggunakan ilustrasi yang menarik dan mudah dimengerti. Media&#xD; pendukung yang digunakan berupa poster, x-banner, dan melalui media sosial seperti&#xD; Instagram dan Facebook. Melalui perancangan board game ini, diharapkan anak-anak&#xD; mendapatkan bekal untuk menjadi anak yang tanggap terhadap bencana alam dengan cara&#xD; belajar melalui permainan ini.&#xD; </description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/1/1464079_Abstract_TOC.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/2/1464079_Appendices.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/3/1464079_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/4/1464079_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/5/1464079_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/6/1464079_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/7/1464079_Conclusion.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/8/1464079_Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/9/1464079_References.pdf</identifier><identifier> Wongso, Christina (1464079) (2019) Perancangan Board Game Untuk Mengajarkan Mitigasi Bencana Alam pada Anak Usia 7-12 Tahun. Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha. </identifier><relation>http://repository.maranatha.edu/26736/</relation><recordID>26736</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wongso, Christina (1464079)
title Perancangan Board Game Untuk Mengajarkan Mitigasi Bencana Alam pada Anak Usia 7-12 Tahun
publishDate 2019
topic N Visual arts (General) For photography
see TR
url http://repository.maranatha.edu/26736/1/1464079_Abstract_TOC.pdf
http://repository.maranatha.edu/26736/2/1464079_Appendices.pdf
http://repository.maranatha.edu/26736/3/1464079_Chapter1.pdf
http://repository.maranatha.edu/26736/4/1464079_Chapter2.pdf
http://repository.maranatha.edu/26736/5/1464079_Chapter3.pdf
http://repository.maranatha.edu/26736/6/1464079_Chapter4.pdf
http://repository.maranatha.edu/26736/7/1464079_Conclusion.pdf
http://repository.maranatha.edu/26736/8/1464079_Cover.pdf
http://repository.maranatha.edu/26736/9/1464079_References.pdf
http://repository.maranatha.edu/26736/
contents Indonesia dikenal sebagai negara yang rawan akan bencana alam karena letaknya yang dilalui oleh tiga jalur lempeng tektonik, yang disebut Ring of Fire. BNPB mencatat ada sekitar 2.175 peristiwa bencana yang terjadi di Indonesia. Bencana alam tersebut kerap memakan korban, tidak hanya orang dewasa tapi juga termasuk anak-anak. Oleh karena itu, tujuan perancangan ini adalah untuk menanamkan pendidikan antisipasi bencana kepada anak-anak sejak dini sebagai langkah awal untuk mempersiapkan masyarakat yang tanggap terhadap bencana, serta untuk mengurangi resiko korban jiwa terhadap bencana. Media utama yang digunakan adalah board game edukasi tentang menyelamatkan diri dari bencana alam, dengan menggunakan ilustrasi yang menarik dan mudah dimengerti. Media pendukung yang digunakan berupa poster, x-banner, dan melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Melalui perancangan board game ini, diharapkan anak-anak mendapatkan bekal untuk menjadi anak yang tanggap terhadap bencana alam dengan cara belajar melalui permainan ini.
id IOS3452.26736
institution Universitas Kristen Maranatha
institution_id 45
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Kristen Maranatha
library_id 530
collection Maranatha Repository System
repository_id 3452
subject_area Ekonomi
Kesehatan dan Kedokteran
Program Komputer dan Teknologi Informasi
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3452
first_indexed 2019-06-12T08:46:57Z
last_indexed 2019-07-03T13:02:29Z
recordtype dc
_version_ 1764511580914974720
score 17.538404