Perancangan Board Game Untuk Mengajarkan Mitigasi Bencana Alam pada Anak Usia 7-12 Tahun
ctrlnum |
26736 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Perancangan Board Game Untuk Mengajarkan Mitigasi Bencana Alam pada Anak Usia 7-12 Tahun
</title><creator>Wongso, Christina (1464079)</creator><subject>N Visual arts (General) For photography, see TR</subject><description>Indonesia dikenal sebagai negara yang rawan akan bencana alam karena letaknya yang
dilalui oleh tiga jalur lempeng tektonik, yang disebut Ring of Fire. BNPB mencatat ada
sekitar 2.175 peristiwa bencana yang terjadi di Indonesia. Bencana alam tersebut kerap
memakan korban, tidak hanya orang dewasa tapi juga termasuk anak-anak.
Oleh karena itu, tujuan perancangan ini adalah untuk menanamkan pendidikan antisipasi
bencana kepada anak-anak sejak dini sebagai langkah awal untuk mempersiapkan
masyarakat yang tanggap terhadap bencana, serta untuk mengurangi resiko korban jiwa
terhadap bencana.
Media utama yang digunakan adalah board game edukasi tentang menyelamatkan diri dari
bencana alam, dengan menggunakan ilustrasi yang menarik dan mudah dimengerti. Media
pendukung yang digunakan berupa poster, x-banner, dan melalui media sosial seperti
Instagram dan Facebook. Melalui perancangan board game ini, diharapkan anak-anak
mendapatkan bekal untuk menjadi anak yang tanggap terhadap bencana alam dengan cara
belajar melalui permainan ini.
</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/1/1464079_Abstract_TOC.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/2/1464079_Appendices.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/3/1464079_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/4/1464079_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/5/1464079_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/6/1464079_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/7/1464079_Conclusion.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/8/1464079_Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/26736/9/1464079_References.pdf</identifier><identifier> Wongso, Christina (1464079) (2019) Perancangan Board Game Untuk Mengajarkan Mitigasi Bencana Alam pada Anak Usia 7-12 Tahun. Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha. </identifier><relation>http://repository.maranatha.edu/26736/</relation><recordID>26736</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Wongso, Christina (1464079) |
title |
Perancangan Board Game Untuk Mengajarkan Mitigasi Bencana Alam pada Anak Usia 7-12 Tahun |
publishDate |
2019 |
topic |
N Visual arts (General) For photography see TR |
url |
http://repository.maranatha.edu/26736/1/1464079_Abstract_TOC.pdf http://repository.maranatha.edu/26736/2/1464079_Appendices.pdf http://repository.maranatha.edu/26736/3/1464079_Chapter1.pdf http://repository.maranatha.edu/26736/4/1464079_Chapter2.pdf http://repository.maranatha.edu/26736/5/1464079_Chapter3.pdf http://repository.maranatha.edu/26736/6/1464079_Chapter4.pdf http://repository.maranatha.edu/26736/7/1464079_Conclusion.pdf http://repository.maranatha.edu/26736/8/1464079_Cover.pdf http://repository.maranatha.edu/26736/9/1464079_References.pdf http://repository.maranatha.edu/26736/ |
contents |
Indonesia dikenal sebagai negara yang rawan akan bencana alam karena letaknya yang
dilalui oleh tiga jalur lempeng tektonik, yang disebut Ring of Fire. BNPB mencatat ada
sekitar 2.175 peristiwa bencana yang terjadi di Indonesia. Bencana alam tersebut kerap
memakan korban, tidak hanya orang dewasa tapi juga termasuk anak-anak.
Oleh karena itu, tujuan perancangan ini adalah untuk menanamkan pendidikan antisipasi
bencana kepada anak-anak sejak dini sebagai langkah awal untuk mempersiapkan
masyarakat yang tanggap terhadap bencana, serta untuk mengurangi resiko korban jiwa
terhadap bencana.
Media utama yang digunakan adalah board game edukasi tentang menyelamatkan diri dari
bencana alam, dengan menggunakan ilustrasi yang menarik dan mudah dimengerti. Media
pendukung yang digunakan berupa poster, x-banner, dan melalui media sosial seperti
Instagram dan Facebook. Melalui perancangan board game ini, diharapkan anak-anak
mendapatkan bekal untuk menjadi anak yang tanggap terhadap bencana alam dengan cara
belajar melalui permainan ini.
|
id |
IOS3452.26736 |
institution |
Universitas Kristen Maranatha |
institution_id |
45 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Kristen Maranatha |
library_id |
530 |
collection |
Maranatha Repository System |
repository_id |
3452 |
subject_area |
Ekonomi Kesehatan dan Kedokteran Program Komputer dan Teknologi Informasi |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3452 |
first_indexed |
2019-06-12T08:46:57Z |
last_indexed |
2019-07-03T13:02:29Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764511580914974720 |
score |
17.538404 |