Daftar Isi:
  • Bullying merupakan sebuah permasalahan yang banyak terjadi pada sekolah-sekolah di seluruh dunia. Permasalahan yang menyangkut bullying sudah ada sejak lama hingga hari ini dan setiap tahunnya kasus tersebut bertambah banyak. Di Indonesia sendiri, fenomena bullying makin marak terjadi di berbagai daerah, tidak hanya terjadi di daerah perkotaan besar saja. Pembelajaran tentang bullying sendiri sudah banyak, namun media yang digunakan tidak variatif dan inovatif sehingga menjadi tidak efektif. Tujuan diadakannya desain tersebut adalah untuk membuat media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi anak-anak umur 8 hingga 12 tahun yang berisi informasi mengenai pencegahan terhadap bullying. Dengan adanya tujuan tersebut diharapkan anak-anak dapat secara mandiri mencegah dan menghadapi bullying itu sendiri. Board game menjadi media yang digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Dengan menggunakan sistem diskusi dan dimainkan bersama guru, anak-anak dapat mempelajari banyak hal yang bersangkutan dengan bullying itu sendiri, tidak hanya dalam bentuk teori saja Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui studi pustaka, wawancara dengan psikolog anak dan guru Budi Pekerti, dan kuesioner pada anak-anak kelas 3-4 SD.