Daftar Isi:
  • Ketatnya persaingan dalam bisnis menuntut adanya keunggulan bersaing yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Salah satu keunggulan bersaing yang harus dimiliki adalah strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran yang dibahas pada penelitian ini yaitu segmenting, targeting, dan positioning. Objek Penelitian ini adalah Al-Ittifaq, industri yang memproduksi sayuran segar dan sayuran organik di Rancabali, Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan segmenting, targeting, dan positioning dalam keunggulan bersaing yang diaplikasikan oleh Al-Ittifaq dalam memproduksi sayuran organik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data yang berhasil dikumpulkan berdasarkan pada wawancara dengan beberapa narasumber yaitu pemilik, manager dan sekretaris. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa Al-Ittifaq menerapkan segmenting dan targeting dengan baik, namun masih terdapat kelemahan pada positioning untuk dapat bersaing dengan kompetitornya. Dalam mencapai keunggulan bersaingnya, Al-Ittifaq menggunakan strategi diferensiasi dan strategi fokus. Namun, penelitian ini juga menemukan kelemahan agar Al-Ittifaq perlu melakukan peningkatan-peningkatan dalam proses pemasarannya. Diantaranya dengan mengadakan promosi, dan melakukan survey berkala kepada konsumen untuk mengantisipasi perubahan yang mungkin terjadi di masa depan.