Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Job Satisfaction / kepuasan kerja dan Organizational Commitment / komitmen organisasi baik secara simultan maupun parsial terhadap Turnover Intention / intensi Turnover. Penelitian ini dilakukan pada suatu perusahaan jasa komunikasi di kantor cabang Bandung, dengan sampel yang berjumlah 108 orang karyawan yang bekerja sebagai agen Outbound Call. Pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Job Satisfaction diukur dengan menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh Spector, Organizational Commitment diukur dengan menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh Allen & Meyer, dan Turnover Intention diukur dengan menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh Bothma & Roodt. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa Job Satisfaction pada responden tergolong cukup namun mengarah ke rendah, Organizational Commitment tergolong cukup, dan Turnover Intention tergolong cukup dan mengarah ke tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Job Satisfaction dan Organizational Commitment berpengaruh terhadap Turnover Intention baik secara simultan maupun parsial. Job Satisfaction dan Organizational Commitment secara simultan mempengaruhi Turnover Intention sebesar 40,3% yang berarti 59,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.