Pengaruh Gagasan Kewirausahaan dan Gaya Kognitif Terhadap Minat Berwirausaha (studi kasus pada Mahasiswa di Indonesia)
Daftar Isi:
- Jumlah pengusaha muda di Indonesia masih rendah dibandingkan di Negara Asia lainnya. Mahasiswa di Indonesia umumnya lebih tertarik untuk bekerja setelah lulus kuliah daripada menjadi seorang pengusaha padahal mereka mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai kewirausahaan pada saat kuliah. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji besarnya pengaruh gagasan kewirausahaan dan gaya kognitif terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Teori yang digunakan adalah Entrepreneurship Idea Sets. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Jumlah responden sebanyak 384 orang dengan populasinya mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling method dan teknik pengumpulan data dengan instrumen kuesioner menggunakan bantuan google form. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model persamaan struktural dan diolah dengan perangkat lunak AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, bertambahnya ide atau gagasan kewirausahaan seperti konten atau isi gagasan, jumlah gagasan, nilai gagasan, dan kebaruan gagasan terhadap minat berwirausaha melalui proses berfikir (gaya kognitif) intuitif ternyata tidak membuat minat berwirausaha pada mahasiswa bertambah atau berkurang. Sedangkan bertambahnya konten atau isi gagasan, jumlah gagasan dan nilai gagasan terhadap minat berwirausaha melalui gaya kognitif analitis membuat minat berwirausaha pada mahasiswa bertambah.