Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge dan Parental Income Terhadap Financial Management Behavior
Daftar Isi:
- Perkembangan zaman yang semakin modern membuat perilaku keuangan masyarakat di Indonesia cenderung lebih hedonisme dan konsumtif. Kecenderungan tersebut disebabkan oleh banyaknya masyarakat membeli sesuatu yang mereka inginkan hanya untuk mengejar gengsi, eksistensi, gaya hidup yang mewah dan memenuhi hasrat dibandingkan membeli apa yang dibutuhkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh financial knowledge, financial attitude dan parental income terhadap financial management behavior. Penelitian ini termasuk kedalam jenis causal eksplanatory dengan mengambil sampel 265 mahasiswa ekonomi manajemen angkatan 2015-2017 yang sudah mempelajari mata kuliah manajemen keuangan, dengan teknik pengambilan sampel non- probability sampling dengan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial financial attitude dan parental income tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap financial management behavior pada mahasiswa ekonomi manajemen angkatan 2015-2017, sedangkan financial knowledge memiliki pengaruh yang signifikan terhadap financial management behavior pada mahasiswa ekonomi manajemen angkatan 2015-2017. Secara simultan, variabel financial attitude, financial knowledge dan parental income berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu financial management behavior pada mahasiswa ekonomi manajemen angkatan 2015-2017.