Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toserba Yogya Bandung
Daftar Isi:
- Pada era globalisasi ini perusahaan harus mulai menyadari betapa pentingnya kualitas pelayanan yang baik karena akan memberikan dampak yang baik pula bagi perusahaan sehingga konsumen akan merasa puas atas pelayanan yang diterimanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Toserba Yogya Bandung. Penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan kuisioner kepada 141 orang respoden konsumen Toserba Yogya. Berdasarkan pengujian statistik, besar pengaruh langsung yang diperoleh adalah sebesar 0.512, yang dilihat dari nilai Adjusted R Square. Berdasarkan nilai tersebut berarti sebesar 51.2% kualitas pelayanan (Bukti Langsung (X1), Kehandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), Empati/ Perhatian (X5)) dapat mempengaruhi kepuasan konsumen secara simultan. Secara parsial, hanya reliabilitas dan empati yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Toserba Yogya Bandung. Sementara, bukti langsung, daya tanggap, dan jaminan tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Peneliti menyarankan kepada perusahaan, untuk dapat memperbaiki variabel bukti langsung, daya tanggap, dan jaminan sebagai variabel yang tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen.