Daftar Isi:
  • Perilaku merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keberhasilan dokter gigi dalam memberikan perawatan gigi kepada anak-anak. Dokter gigi harus memiliki kemampuan untuk menetapkan diagnosis perilaku anak dan harus mampu melakukan manajemen perilaku anak sesuai dengan diagnosis perilaku yang telah ditentukan untuk mengubah perilaku anak sehingga anak dapat bekerja sama dalam perawatan gigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran perilaku tidak kooperatif anak saat melakukan perawatan pada anak dengan usia 6 sampai 12 tahun di RSGM Maranatha Bandung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan metode observasi. Penelitian ini mengambil 33 sampel dengan accidental sampling. Pengukuran perilaku pada penelitian ini menggunakan Venham Behavior Rating Scale. Berdasarkan hasil penelitian dari 33 subjek dengan usia 6 sampai 12 tahun menunjkkan semua subjek penelitian dikategorikan sebagai perilaku kooperatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada kategori perilaku tidak kooperatif pada subjek penelitian.