Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee di Kalangan Mahasiswa Maranatha
Daftar Isi:
- Berkembangnya gaya hidup masyarakat modern menimbulkan munculnya tren-tren baru, salah satu tren tersebut adalah munculnya kedai kopi yang memperkenalkan konsep kedai kopi sebagai salah satu alternatif tempat untuk bersantai dan bercengkrama. Tren ini sangat berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan menyebabkan banyak kedai kopi-kedai kopi bertumbuhan, salah satunya adalah Starbucks. Disamping Starbucks bermunculan kedai kopi lain yang tidak kalah besar dan menawarkan produk yang beragam, sehingga peta persaingan antar kedai kopi menjadi semakin beragam. Salah satu fokus utama persaingan tersebut adalah mempertahankan loyalitas pelanggan dengan cara memberikan kepuasan kepada para pelanggannya, dengan demikian tujuan penelitian ini adalah mencari pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Starbucks. Populasi penelitian ini berasal dari mahasiswa Universitas Kristen Maranatha yang pernah mengkonsumsi produk Starbucks Coffee. Mahasiswa Universitas Kristen Maranatha sebagai sampel diambil dari populasinya dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisa data yang digunakan adalah model regresi. Berdasarkan pengujian yang dilakukan terhadap respon dari konsumen maka didapatkan nilai pengaruh sebesar 0.088 dengan nilai signifikansi 0.000, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 31.7% sehingga dapat dijelaskan bahwa variabel kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta merupakan salah satu variabel utama karena nilai koefisien determinasinya tinggi.