Daftar Isi:
  • Tugas Akhir ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui gender representation yang berkaitan dengan permainan yang dimainkan oleh murid-murid yang berada di tingkat Taman Kanak-Kanak di dalam buku teks Bahasa Inggris yang digunakan di salah satu sekolah Taman Kanak-Kanak di Bandung. Penelitian ini menggunakan analisis secara visual dari satu buku teks Bahasa Inggris berjudul My Pals are Here! 1A yang ditulis oleh Judy Ling dan Anne Smith. Teori yang dipakai dalam tugas akhir ini adalah teori yang ditulis oleh Alexander dan Hines yang meneliti bahwa anak perempuan dan laki-laki memiliki pilihan yang berbeda dalam memilih permainan. Anak-anak menunjukkan pilihan yang jelas terhadap permainan yang akan mereka mainkan berdasarkan gender mereka. Anak perempuan lebih tertarik dengan boneka dibandingkan dengan anak laki-laki, sedangkan anak laki-laki menunjukkan ketertarikan lebih besar dibandingkan yang ditunjukkan oleh anak perempuan terhadap kendaraan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah visual analysis sehingga peneliti menghitung jumlah gambar permainan yang dimainkan oleh anak laki-laki dan anak perempuan yang terdapat di dalam buku teks tersebut. Terdapat empat hasil yang ditemukan peneliti. Yang pertama, karakter laki-laki di dalam buku teks lebih sering muncul dibandingkan karakter perempuan. Yang kedua, karakter laki-laki di dalam buku teks memainkan permainan yang khusus untuk anak laki-laki. Yang ketiga, karakter perempuan di dalam buku teks memainkan permainan yang khusus dimainkan oleh anak-anak perempuan. Yang keempat, karakter laki-laki dan perempuan bermain alat-alat permainan yang dapat dimainkan oleh kedua gender disebut dengan permainan netral. Berdasarkan hasil penelitian dari buku My Pals are Here! 1A, peneliti menarik kesimpulan bahwa di dalam buku teks yang digunakan terdapat lebih banyak gambaran permainan yang netral daripada gambar permainan yang spesifik untuk anak laki-laki atau untuk anak perempuan.