Daftar Isi:
  • Skripsi ini menganalisis sebuah iklan yang dikeluarkan oleh sebuah merk fitness mewah bagi kalangan atas di Amerika, yaitu Equinox Fitness. Teori utama yang digunakan dalam analisis adalah teori semiotika yang dikemukakan oleh Saussure untuk menemukan makna denotative. Kemudian analisis yang mendalam dilakukan dengan mengaplikasikan teori semiotika yang dikembangkan oleh Barthes untuk menemukan makna konotatif. Adapun teori pendukung yang digunakan adalah teori feminisme postmodernis yang menjadi landasan pergerakan teori feminisme gelombang ke-3 di Amerika. Setelah di analisis, ditemukan bahwa elemen-elemen yang digunakan dalam iklan merepresentasikan citra merek Equinox yang menunjukkan konsep kemewahan dan kepercayaan diri seorang perempuan. Terdapat relevansi antara konsep kemewahan dan kepercayaan diri terhadap kuasa perempuan untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan kesadarannya sebagai seorang perempuan, yaitu menyusui di tempat umum, yang ditentang oleh sebagian besar masyarakat Amerika. Skripsi ini ditulis dengan harapan dapat membantu masyarakat dalam memahami iklan yang tidak hanya digunakan sebagai media promosi, tetapi juga sebagai media yang membentuk pandangan baru dalam menciptakan perubahan cara pandang terhadap etika atau norma tertentu.