Studi Deskriptif Mengenai Developing Purpose pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran purpose melalui elemen-elemennya pada mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Psikologi Universitas "X" Bandung. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 161 mahasiswa (total mahasiswa berjumlah 375). Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Alat Ukur yang digunakan disusun oleh peneliti yang berasal dari Developing Purpose yang merupakan bagian dari teori Student Identity Development oleh Arthur W. Chickering (1993), terdiri dari 29 item dengan reliabilitas sedang yang berkisar antara 0,537 - 0,673 dan validitas berkisar antara 0,301 - 0,693. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan distribusi frekuensi dengan program SPSS 25 for Windows. Berdasarkan pengolahan data secara statistik pada 161 mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Psikologi Universitas "X" Bandung, ditemukan bahwa terdapat kejelasan pada elemen perencanaan vokasi (93,8%), elemen minat pribadi (81,4%), dan elemen komitmen interpersonal dan keluarga (86,3%) Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat kejelasan purpose pada elemen perencanaan vokasi, komitmen interpersonal dan keluarga, serta elemen minat pribadi pada hampir seluruh mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Psikologi Universitas "X" Bandung. Selain itu, terdapat juga kecenderungan keterkaitan antara relasi mahasiswa dan dosen dengan elemen perencanaan vokasi serta pertemanan mahasiswa dengan ketiga elemennya. Peneliti menyarankan informasi ini dapat digunakan oleh Fakultas ataupun Universitas untuk mengarahkan mahasiswa sesuai dengan tujuan akhir yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa.