Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara grit dan academic achievement. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian ini yaitu Mahasiswa Aktif Program Studi Teknik Elektro Universitas “X” Bandung dengan jumlah partisipan 51 orang. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur yang disusun oleh Dr. Irene Prameswari Edwina, M.Si., Psikolog dan Ni Luh Ayu Vivekananda, M. Psi., Psikolog (2016) berdasarkan teori grit yang dipelopori oleh Angela Duckworth (2016) berupa kuesioner self report dengan skala Likert yang terdiri atas 18 aitem. Validitas dari alat ukur grit menggunakan metode construct validity diperoleh 18 aitem dengan nilai validitas berkisar dari 0,350-0,661 dan uji reliabilitas menggunakan rumus internal consistency alpha cronbach dengan nilai reliabilitas 0,855 (reliabilitas tergolong tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan signifikan antara grit dan academic achievement pada mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Angkatan 2016 dan 2017 Universitas “X” dengan keeratan hubungan yang tergolong rendah. Peneliti mengajukan saran untuk pihak Program Studi Teknik Elektro, dapat mengadakan pelatihan atau psikoedukasi mengenai cara meningkatkan grit, agar dapat membantu mahasiswa untuk lulus tepat waktu. Bagi Dosen Wali, dapat lebih memerhatikan grit yang dimiliki oleh setiap mahasiswa Teknik Elektro, agar dapat mendukung dan membantu mahasiswa dalam menghadapi tantangan atau kesulitan yang ada dalam perkuliahan. Bagi mahasiswa, dapat lebih meningkatkan grit yang dimiliki untuk dapat lulus menjadi sarjana teknik elektro tepat waktu, dengan mengikuti psikoedukasi mengenai cara meningkatkan grit. Bagi peneliti selanjutnya, dapat meneliti faktor internal dan eksternal yang dapat memengaruhi prestasi akademik.