Studi Deskriptif Mengenai Celebrity Worship pada Penggemar K-Pop di kota Bandung
Daftar Isi:
- Banyaknya komunitas penggemar K-Pop di Kota Bandung menyebabkan perilaku penggemar terhadap sosok idolanya yang dipandang berlebihan yang disebut sebagai Celebrity Worship. Celebrity Worship memiliki tiga dimensi yaitu Entertainment Social, Intense Personal dan Borderline Pathological. Penelitian ini menggunakan teori Celebrity Worship (McCutcheon Ashe, Houran, Maltby, 2002) untuk mengetahui dimensi Celebrity Worship pada penggemar K-Pop yang berdomisili di Kota Bandung. Penelitian ini menjaring data dari 193 orang responden yang berdomisili di Kota Bandung yang dipilih berdasarkan teknik accidental sampling. Setiap partisipan mengisi kuesioner yang merupakan terjemahan dan modifikasi dari Celebrity Atittude Scale (CAS) (McCutcheon Ashe, Houran, Maltby, 2002). Berdasarkan skor dari CAS tersebut diperoleh skor untuk masing-masing dimensi Celebrity Worship. Skor tersebut akan menghasilkan tiga dimensi Celebrity Worship. Berdasarkan hasil pengolahan data statistik, sebanyak 66,8 % responden berada pada dimensi Intense Personal, 25,9 % berada pada dimensi Borderline Pathological, 6,2 % berada pada dimensi Entertainment Social dan 1,1 % tidak berada pada dimensi mana pun. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagian besar responden berada pada dimensi Intense Personal. Peneliti mengajukan saran agar peneliti lain meneliti mengenai faktor yang memengaruhi Celebrity Worship. Selain itu, saran kepada orangtua, pendidik dan anggota masyarakat untuk memberikan pengarahan ketika responden melakukan pengidolaan terhadap selebriti favoritnya agar tidak masuk dalam Borderline Pathological. .