Perancangan Promosi untuk Memperkenalkan Kembali Kain Bentenan yang Bernilai Seni Tradisi Tinggi
Daftar Isi:
- Indonesia kaya akan nilai-nilai tradisi yang terdapat dalam berbagai hasil kerajinan yang tersebar diseluruh Nusantara. Salah satu diantaranya yaitu kain tenun Bentenan yang berasal dari Minahasa yang sempat hilang kurang lebih selama 200 tahun. Melalui survei yang dilakukan fakta yang didapat adalah bahwa masyarakat Minahasa sebenarnya telah mengetahui keberadaan kain Bentenan, tetapi sebagian besar dari masyarakat tidak mengetahui asal usul dari kain Bentenan dan masih kurang mengapresiasi kain Bentenan yang memiliki nilai seni tradisi tinggi, sehingga masyarakat tidak berani membayar harga yang cukup mahal untuk membeli kain tenun Bentenan. Masyarakat lebih memilih untuk membeli kain print dengan motif Bentenan. Tujuan dan manfaat dari perancangan program promosi ini adalah agar dimulai dari masyarakat Minahasa sendiri sampai pada masyarakat Indonesia lainnya bisa lebih mengapresiasi dan bangga akan karya seni yang dimiliki yaitu kain tenun Bentenan. Strategi komunikasi visual yang digunakan adalah dengan menggabungkan desain high fashion dengan Kain Bentenan yang diterapkan menggunakan teknik kolase digital (photomontage). Media utama dari promosi ini adalah event fashion show yang didukung dengan berbagai media promosi yaitu poster, media sosial, website, flyer, banner, tiket, undangan, photobooth, dan gimmick. Melalui perancangan program promosi ini, masyarakat Minahasa dapat melihat bahwa Kain Bentenan adalah karya seni yang bernilai dan bisa menjadi high fashion yang elegan dan berkelas.