Daftar Isi:
  • Kemajuan teknologi dan arus globalisasi yang pesat di bidang kuliner menyebabkan kuliner di Indonesia salah satunya adalah kue tradisional khas Betawi semakin hilang dan terlupakan oleh masyarakat terutama generasi muda. Seperti contohnya, kue Dongkal, kue Geplak, kue Kembang Goyang, kue Akar Kelapa, dan lain-lain. Hal ini lah yang membuat kuliner khususnya kue tradisional perlu dilestarikan dan tetap dapat dikenal oleh masyarakat terutama generasi muda. Tujuan perancangan kampanye ini adalah untuk memperkenalkan dan mempopulerkan kembali kue tradisional yang semakin langka keberadaannya supaya kue tradisional dapat kembali eksis di kalangan masyarakat urban dan generasi muda. Kue tradisional diperkenalkan dan diinformasikan melalui media informasi yang tepat dan menarik. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan informasi melalui beberapa media yaitu media sosial, seperti Instagram dan Facebook sebagai media utamanya serta didukung oleh media kampanye berupa poster, majalah, website, billboard, katalog, serta dilengkapi oleh gimmick berupa totebag, enamel pin dan notes. Melalui perancangan kampanye ini, generasi muda dapat mengetahui informasi mengenai kue tradisional khas Betawi, mempunyai rasa bangga dan keinginan untuk melestarikan kue tradisional khas Betawi tersebut.