Daftar Isi:
  • Tugas Akhir ini akan membahas tentang kesulitan yang dihadapi oleh hotel (HIBP) dalam proses rebranding yang saat ini sedang berjalan. Masalah ini saya temukan pada saat masa akhir magang saya ketika saya sedang berbincang informal dengan salah satu staf di HIBP. Berdasarkan analisis, saya menemukan ada dua penyebab yang melatarbelakangi masalah kesulitan dalam pelaksanaan rebranding ini. Pertama, tidak adanya perubahan yang signifikan terhadap hotel tersebut. Kedua, kurangnya informasi terhadap pelanggan setia. Selain itu ditemukan juga dua dampak dari masalah tersebut yaitu adanya penurunan jumlah pelanggan dan penurunan pendapatan dari tahun sebelumnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, saya mendapatkan tiga solusi. Pertama, pihak staf internal hotel melakukan penelitian target market secara menyeluruh. Kedua, melakukan komunikasi dengan pelanggan secara jelas. Ketiga, pihak hotel bekerjasama dengan orang berpengaruh. Sebagai kesimpulan, kombinasi ketiga solusi tersebut adalah solusi terbaik bagi pihak hotel untuk mengatasi kesulitan rebranding yang sedang terjadi, agar pihak hotel dapat mengatasi masalah-masalah yang ada secara bertahap. Pertama, dengan melakukan penelitian target market, lalu pihak HIBP melakukan komunikasi dengan pelanggan setelah itu bekerjasama dengan orang berpengaruh.