Daftar Isi:
  • Salah satu sektor ekonomi kreatif di antaranya adalah wisata kuliner. Tegal terkenal sebagai kota transit di jalur pantai utara pulau Jawa dan memiliki beragam kuliner khas yang lezat serta berpotensi untuk menjadi destinasi wisata kuliner. Masyarakat di kota besar di pulau Jawa sudah banyak yang mengenal kota Tegal karena banyaknya rumah makan dengan nama Warteg atau Warung Tegal. Namun, menurut hasil survey banyak masyarakat di kota besar di pulau Jawa yang belum mengetahui jenis kuliner khas kota Tegal dan lokasi kulinernya. Maka dari itu, tujuan dari perancangan ini adalah untuk memperkenalkan wisata kuliner dan lokasi kuliner khas Tegal agar wisatawan yang berkunjung atau melewati kota Tegal dapat lebih mengenal kuliner khas Tegal serta lokasi kulinernya. Selain itu tujuan dari perancangan ini juga untuk menarik perhatian wisatawan agar mencoba mencicipi kuliner khas Tegal. Salah satu solusi dalam perancangan ini menggunakan media Website sebagai media utama dalam mempromosikan wisata kuliner khas Tegal yang bertujuan untuk memberikan informasi wisata kuliner seperti penjelasan tentang makanan, minuman, oleh-oleh, dan bahan yang digunakan, serta lokasi kuliner yang direkomendasikan kepada wisatawan. Alasan dalam pemilihan media Website karena media ini dapat dijangkau dimana saja dan dapat digunakan di semua media Gadget yang terhubung dengan internet. Media yang digunakan bergaya anak muda yang menyukai wisata kuliner khas daerah, seperti foto kuliner yang membantu menggambarkan jenis makanan melalui visual serta peta yang terhubung dengan GPS agar membantu wisatawan menemukan lokasi kuliner khas Tegal. Dengan demikian website ini berhasil memperkenalkan kuliner khas Tegal yang ditujukan kepada wisatawan yang berkunjung atau melewati kota Tegal.