Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penghayatan peers support terhadap school engagement pada Siswa Kelas X SMA “X” Bandung. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi siswa kelas X SMA “X” Bandung yang berjumlah 292 siswa (total siswa 302 siswa namun 10 siswa tidak hadir saat penelitian dilangsungkan). Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengaruh. Alat ukur yang digunakan disusun oleh Savitri (2018) yang berasal dari teori school engagement oleh Fredricks (2004), terdiri dari 28 item dengan reliabilitas sebesar 0.818. Alat ukur peers support disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori peers support oleh House (1981) terdiri dari 39 item dengan validitas berkisar antara 0.321-0.704 dan reliabilitas sebesar 0.894. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan uji regresi linear dengan program SPSS 2.3 for windows. Berdasarkan pengolahan data secara statistik pada 292 siswa kelas X SMA “X” Bandung, ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari peers support terhadap tipe-tipe school engagement, yaitu behavioral engagement (R2 = 0,177), emotional engagement (R2 = 0,236), dan cognitive engagement (R2 = 0,132). Saran dari peneliti untuk pihak sekolah yaitu diharapkan pihak sekolah khususnya tim guru BK dapat membuat suatu program psikoedukasi untuk lebih meningkatkan peers support diantara siswa SMA “X” Bandung berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini guna meningkatkan school engagement siswa. Selain itu, peneliti yang memiliki minat untuk melakukan penelitian dalam bidang ini untuk meneliti secara lebih dalam bagaimana pengaruh tiap-tiap bentuk peers support (dukungan emosional, instrumental, informasi, dan appraisal) terhadap tipetipe school engagement.