Pengaruh Karakteristik Produk yang Dipersepsikan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Private Brand Indomaret
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh karakteristik produk (product involvement, type of product, switching cost) terhadap minat beli produk private brand Indomaret, dan pengaruh karakteristik produk terhadap minat beli produk private brand Indomaret yang dimoderasi value consciousness. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian adalah Air Mineral Indomaret, dan subyek penelitian adalah calon konsumen produk private brand Indomaret. Jumlah anggota sampel 147 responden yang dipilih dengan metode random sampling dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hanya product involvement yang mendorong konsumen berminat untuk membeli produk private brand Indomaret, sedangkan value consciousness tidak mempunyai peran dalam hubungan antara karakteristik produk dengan minat beli produk private brand Indomaret. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambahkan jumlah variabel bebas, cakupan geografis yang lebih luas, dan dengan metode wawancara sehingga hasil data lebih akurat.