Daftar Isi:
  • Toko JJ Diesel adalah toko yang menjual barang-barang diesel untuk memenuhi kebutuhan konsumen di bidang pertanian, seperti alat traktor untuk membajak sawah, mesin penggiling padi, dan lainnya. Perencanaan bisnis ini bertujuan untuk membenahi pelayanan toko JJ Diesel menggunakan konsep Satisfaction to Loyalty (S2L), di mana konsep ini merupakan suatu bentuk layanan yang lebih terstruktur, yang diharapkan dapat memuaskan pelanggan dan pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan. Konsep pembenahan layanan ini membuat karyawan dapat melayani pelanggan dengan baik, cepat, sepenuh hati, dan peduli pada pelanggan. Pembenahan layanan yang dilakukan meliputi pembenahan sumber daya manusia, struktur organisasi dan SOP, dan sistem komputerisasi. Adanya pembenahan sumber daya manusia diharapkan semua personil toko memiliki pengetahuan tentang standar layanan yang memuaskan pelanggan dan karyawan memiliki pengetahuan tentang produk yang ditawarkan. Struktur organisasi dan SOP yang sekarang dibuat dan diberlakukan diharapkan karyawan memiliki tugas dan tanggung jawab yang jelas dan lebih teratur. Penerapan sistem komputerisasi diharapkan dapat mempercepat proses transaksi, mencatat data penjualan dengan mudah dan sistematis. Keberhasilan jalannya konsep ini tentunya tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama seluruh personil yang terlibat dalam toko JJ Diesel.