Pengaruh Celebrity Endorser (Raline Shah) Terhadap Minat Beli Produk Shampoo Pantene
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh viralnya Celebrity Endorser untuk suatu produk dikalangan media sosial maupun televisi yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan ara responden terhadap celebrtiy endorser terhadap minat beli produk pantene serta untuk melihat seberapa besar pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli secara parsial maupun simultan. Masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana pengaruh Celebrity Endorser seorang artis Raline Shah terhadap minat beli konsumen produk shampo Pantene. Celebrity endorser adalah selebriti merupakan tokoh (aktor, penghibur atau atlet) yang dikenal oleh masyarakat karena prestasinya di dalam bidang-bidang yang berbeda dari golongan produk yang didukung. Penelitian ini yaitu menggunakan 144 responden masyarakat di sekitar Universitas Kristen Maranatha yang pernah menonton Raline Shah sebagai celebrity endorser pada produk shampo pantene. Populasinya adalah masyarakat kota Bandung yang pernah menonton Raline Shah sebagai celebrity endorser untuk produk Pantene. Jenis penelitian yang digunakan adalah causal explanatory. Causal explanatory menjelaskan hasil atau outcomes sebagai respon. Causal explanatory juga menganalisis hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau apakah terdapat hubungan diantara variabel tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori (explanatory research) yang pengertiannya bertujuan mengembangkan pengetahuan atau dugaan sifatnya masih baru dan untuk memberikan arahan bagi penelitian selanjutnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria pernah melihat iklan shampo Pantene (Raline Shah). Pengujian hipotesis parsial dalam penelitian ini menggunakan one sample t-test dan uji F atau uji ANOVA untuk pengujian hipotesis simultan. Metode analisis data menggunakan multiple regression dan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik survei dengan metode kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa variabel Attractiveness berpengaruh negatif dan tidak signifikan, sedangkan variabel Trustworthiness berpengaruh positif dan signifikan, dan variabel Expertise juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk shampo Pantene.