Daftar Isi:
  • Di kota Bandung, sekarang ini coffee shop sudah banyak tersebar. Coffee shop di Bandung memiliki berbagai konsep yang bereda-beda. Dengan menjamurnya coffee shop di kota Bandung mengakibatkan setiap cafe harus meningkatkan cara untuk membuat konsumen loyal terhadap salah satu coffe shop. Loyalitas konsumen merupakan kesetian konsumen terhadap suatu merek yang dipengaruhi oleh: kepercayaan, keterikatan emosi dan pengalaman terhadap merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengalaman merek dan keterikatan emosi terhadap loyalitas merek. Berdasarkan tujuan penelitian maka jenis penilitian ini adalah causal explanatory. Survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 130 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman merek terhadap keterikatan emosi pada Lighthouse Coffee Brewery dengan total pengaruh 32,5% dan besarnya pengaruh dari variabel lain yang tidak amati adalah 67,5%. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara keterikatan emosi terhadap loyalitas merek pada Lighthouse Coffee Brewery dengan total pengaruh 2,4% dan besarnya dari variabel lain yang tidak diamati adalah 97,6%. Peneliti menyarankan untuk penelitian berikutnya agar menambah atau memperbanyak sampel yang dibagikan melalui kuesioner agar data yang terkumpul dapat tercukupi lebih baik lagi.