Daftar Isi:
  • Guru merupakan pekerjaan yang tidak mudah, guru harus mampu mengerti bagian mengajarannya dan mampu mengontrol emosi mereka dalam mengajar agar dapat bekerja secara profesional dan mampu menghasilkan murid – murid yang cerdas, pengontrolan emosi inilah yang disebut sebagai kecerdasan emosional. Emosi yang dikontrol dengan baik saat mengajar senantiasa akan berdampak pada kinerja dari guru – guru tersebut. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh dari kecerdasan emosional terhadap kinerja guru. Data dikumpulkan menggunakan metode survei. Guru yang mengajar di sekolah BPK Penabur Cianjur mulai dari tingkat TK sampai SMA menjadi subjek di penelitian ini. Sebanyak empat puluh lima kuesioner disebarkan untuk diisi dengan empat puluh satu kuesioner yang kembali. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS. Data yang dihasilkan menjawab hipotesis penulis bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kecerdasan emosional terhadap kinerja guru. Implikasi manajerial yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah dalam proses rekrutmen/ seleksi, kecerdasan emosional juga memegang peranan penting untuk mendapatkan guru/ karyawan dengan kinerja yang baik