Pengaruh Corporate Social ResponsibilityTerhadap Brand Image dan Brand Loyalty Toserba Yogya di Kota Bandung (Studi pada Mahasiswa Universitas Kristen Maranatha)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh CSR (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) terhadap brand image dan brand loyalty baik secara parsial maupun simultan. Latar belakang dari penelitian ini adalah banyaknya pelaksanaan CSR yang dilakukan oleh sebuah perusahaan akan memberikan banyak manfaat, diantaranya untuk mempertahankan, memperkuat dan meningkatkan brand image. Peningkatan dan penguatan brand image perusahaan akan berdampak pada Loyalitas konsumen terhadap perusahaan. brand loyalty konsumen akan menjaga konsumen untuk beralih ke brand lainnya. Penelitian ini secara langsung mengambil data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan metode sampling purposive. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas di Kota Bandung yang pernah berbelanja di Toserba YOGYA, dan sampelnya adalah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha yang pernah ke Toserba YOGYA di Kota Bandung 1 (satu) kali .Data yang dianalisis menggunakan metode regresi berganda dengan variabel mediasi melalui program SPSS. Sebelum dilakukannya teknik analisis terhadap hasil dari kuesioner, dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan juga uji asumsi klasik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa CSR berpengaruh terhadap brand image dan brand loyalty pada Toserba YOGYA di Kota Bandung, dengan besaran nilai Adjusted R2 senilai 62.5%, yang berarti terdapat pengaruh simultan antara brand image dan CSR terhadap brand loyalty sebesar 62.5%, sedangkan sisanya sebesar 37.5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diuji.